Kabupaten Pasuruan tempat asalku, merupaka salah satu kabupaten di Jawa Timur. Di utara, berbatasan sama Kabupaten Siodoarjo dan Laut Jawa. Di Timur, berbatasan sama Kabupaten Probolinggo, di selatan berbatasan dengan Kabupaten Malang, sedangkan di Barat berbatasan sama Kabupaten Mojokerto.

Kabupaten Pasuruan

Di Kabupaten Pasuruan, nggak kurang tempat buat ngisi waktu liburan. Tipe daratan di Kabupaten Pasuruan terhitung bervariasi, ada daerah pegunungan dan bukit, daerah dataran rendah, dan juga ada daerah pantai. Karena itulah, tempat wisatanya juga bervariasi.

Dimulai dari yang paling terkenal dari Pasuruan, yang sekaligus merupakan ikon Kota Pasuruan, yaitu Gunung Bromo. Pesona Gunung Bromo bersumber pada  keindahan kawahnya yang masik aktif. Sumber daya manusia dan budayanya juga memiliki ketertarikan yang tidah dapat dipungkiri.

Gunung Bromo

Yang menarik dan terkenal lainnya dari Kabupaten Pasuruan adalah Taman Safari II yang ada di Kecamatan Prigen.

Taman Safari II Prigen

Nah, yang satu ini yang paling aku suka. Favorit dah pokoknya. Namanya Kaliandra S.E.J.A.T.I. Di sini kita bisa belajar tentang alam, bercocok tanam, budaya daerah, outbond, masih banyak deh. Cocok banget buat libur bareng keluarga atau barengan sama temen-teman.


Selanjutnya Taman Dayu Pandaan, ini tempat tongkrongan anak muda di Pasuruan. Tempatnya asik buat jogging pagi-pagi, soalny disini banyak tamannya. Jadi kalo pagi masih seger. Siang-siang, panas-panas, di sini juga ada kolam renangnya. Kalo leper? tenang, disini juga ada Food Terrace dan Food Veranda yang nyediain banyak makanan plus minumannya. Kalo pengen belanja juga bisa, ada Little Shanghai dan Little Persia. Outbond dan wahana mainan buat anak-anak juga banyak.

Taman Dayu Pandaan

Air terjun di pasuruan, banyak banget. Ada air terjun Kakek Bodo, Sekuti, Putuk Truno, Coban Baung, masih banyak lainnya.

Air Terjun Kakek Bodo

Pilihan wisata lainnya ada Candi jawi dan Candi Gunung Gangsir.

Candi Jawi Prigen

Sebenernya masih banyak tempat wisata yang asik dikunjungin di Pasuruan. Posting selanjutnya ya....

Leave a Reply